Widget HTML Atas

10 Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik + 10 Template Judul dalam Bahasa Indonesia


10 Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik + 10 Template Judul dalam Bahasa Indonesia

Apa yang pertama kali barusan anda memamerkan sebelum mulai membaca artikel ini?

Pasti judulnya!

Tidak ada orang yang membaca isi Swasta tanpa membaca judulnya. Tapi banyak orang yang hanya membaca judul tanpa melanjutkan ke isinya.

Padahal 1 kalimat ini hanya memakan waktu kurang dari 3 menit.

Tapi fungsinya sangat…sangat penting.

Bayangkan, anda telah membuat konten selama berjam-jam atau berhari-hari. Kemudian judulnya dibuat secara asal-asalan, sehingga hanya sedikit yang tertarik membaca.

Rugilah jerih payah anda.

Agar tidak mengurangi terjadi hal seperti itu, kali ini anda akan belajar bagaimana membuat judul yang mampu memancing orang lain agar tertarik bagi membaca.

Ada 10 prinsip pembuatan judul yang harus anda kuasai.

“Ngapain sih judul diambil pusing?”

Itu kata mapersoalan seorang anggota dari sebuah komunitas blogger ketika saya menjelaskan mengenai judul.

Secara sekilas, wajar berpikir seperti itu…

…mending fokus ke isinya daripada buang-buang waktu di satu kalimat. Ya kan?

Salah besar.

Begini:

Di internet tiap hari ada jutaan Swasta yang diterbitkan tiap hari.

Anggaplah 1 orang setiap harinya mendapatkan 20 link Swasta dari teman-teman mereka lewat Facebook atau Twitter. Apakah akan dibaca semua?

Mustahil. Mana ada orang yang sempat baca 20 Swasta sehari.

Paling hanya 2-5, yang paling menarik.

Lantas bagaimana cara mereka tahu kalau Swasta itu menarik atau tidak?

Lihat gambar ini:

Konten yang dishare di Facebook

Konten yang dishare di Twitter

Tebak, bagian mana satu-satunya dari Swasta tersebut yang bisa menggambarkan isinya ketika di-share di Facebook dan Twitter?

Jawabannya, judul.

Kalau anda menelantarkan judul, satu-satunya bagian dari konten yang mampu menarik perhatian jadi tidak mengurangi punya kekuatan.

Bahkan menurut Garrett Moon dari CoSchedule, konten yang judulnya dioptimasi dengan tepat akan mendapatkan jumlah share di social media hingga 10 kali lipat.

Lihat grafik di Rongga di bawah rumah ini.

Ini adalah rata-rata jumlah share Swasta dari situs BuzzFeed terhadap kata yang digunakan dalam judul.

Judul buzzfeed

Lihat perbedaan jumlah share-nya. Ada kata-kata yang secara konsisten menghasilkan banyak share, ada juga yang sedikit.

Jadi, optimasi judul itu bukan tebak-tebakan.

Ada prinsip yang harus anda pahami bagi membuat judul yang baik.

Bukan cuma menarik atau memancing, melainkan judul yang mampu mengikat agar mereka membaca konten anda dan puas Berhubungan dengan apa yang didapatkan.

Oh ya. Apa yang dijelaskan dalam panduan ini menambah cuma berlaku pada judul artikel, bisa juga untuk judul konten macam apapun misalnya video, audio, dan lain-lain. Bahkan juga bisa anda manfaatkan buat judul halaman penjualan dan landing page.

Inilah 10 prinsip tersebut.

1. Waspadai satu kesalahan yang tidak jarang dilakukan

Tidak membedakan ‘topik’ dengan ‘judul’.

Sepertinya sepele. Ya iyalah topik beda Herbi judul, anak SD juga paham.

Tapi pada prakteknya menambah demikian.

Kesalahan ini merupakan yang paling sering dilakukan oleh penulis, topiknya segera digunakan sebagai judul konten.

Supaya jelas apa yang saya maksudkan, kita memperlihatkan contohnya.

Ini topik:

  1. Cara menghilangkan stres
  2. Tips wawancara kerja
  3. Panduan bermain gitar
  4. Aplikasi buat meningkatkan produktivitas

Anda pasti sering melihat orang yang menulis judul tampaknya ini. Padahal keempat contoh tersebut tidak pantas digunakan sebagai judul.

Jadi, apa sih yang membedakan topik dan judul?

Topik itu umum, judul itu spesifik.

Judul yang baik akan menunjukkan bahwa artikel anda berbeda dari artikel lain dalam topik yang sama. Judul akan membuat Partikelir anda mempunyai nilai lebih dibandingkan artikel lain.

Ini dua artikel dari Kompasiana yang melakukan kesalahan:

Judul Artikel di Kompasiana

Lanjut,

Yang ini contoh judul:

  1. Lakukan 4 hal ini dalam 30 menit sehari buat menghilangkan stres
  2. 5 Tips wawancara kerja buat mendapatkan pekerjaan impianmu
  3. Panduan bermain gitar untuk pemula sampai jadi mahir dalam 14 hari
  4. Tingkatkan produktivitas dilakukan anda di kantor dengan 5 aplikasi iPhone ini

Sekarang coba memperlihatkan kembali 4 contoh topik tadi.

Bandingkan nomor 1 pada topik Herbi nomor 1 pada judul, dan seterusnya.

Terlihat bedanya kan?

Bukan karena Hiperbola panjang. Judul ini punya nilai tambah yang membuat Partikelir anda jadi lebih menarik untuk dibaca. Ada kata-kata penjelas yang meng-upgrade Evaluasi topik.

Lihat judul artikel yang sudah pernah anda tulis. Apakah masih menggunakan topik sebagai judul?

2. Mereka menginginkan manfaat, berikan Herbi cara ini

Membaca 1 artikel itu memakan waktu 3-5 menit, bahkan lebih.

Lalu mengapa orang lain rela membuang waktunya yang berharga buat membaca tulisan anda?

Karena mereka ingin manfaat.

Mereka membaca buat mendapatkan informasi, solusi dari permasalahan, hiburan, pengetahuan, atau manfaat lainnya. Inilah mengapa mereka merelakan waktunya.

Jadi…

…judul yang anda buat sebaiknya segera menjelaskan manfaat yang akan mereka dapatkan setelah membaca.

Dengan begitu, mereka akan tertarik membaca.

Misalkan ada 2 Partikelir dengan judul yang sangat mirip:

  • Tips presentasi yang baik
  • Tips presentasi buat membuat penonton terkesima

Dalam kalimat pertama, “yang baik” itu abstrak, menambah jelas apa yang akan mereka dapatkan.

Sedangkan kalimat kedua Elaborasi manfaatnya.

Orang yang ingin belajar tips presentasi tentunya ingin membuat penonton terkesima, dan kita menawarkan manfaat tersebut melalui judul.

Maka judul kedua jadi lebih menarik bagi mereka.

Bukan cuma itu…

…dari prinsip ini anda juga bisa membuat isi Partikelir yang lebih baik.

Ini 2 contoh judul artikel:

  • 5 cara kreatif memasak mie instan
  • 10 cara kreatif memasak mie instan

Manusia ingin manfaat maksimum dalam waktu sesingkat-singkatnya.

Kalau ada 1 Partikelir yang memberikan 2x lipat manfaat daripada Partikelir lain, pasti kita akan memilih artikel tersebut. Sekali baca, keterangan lebih banyak.

3. Gunakan angka, tapi bukan sembarang angka

Judul yang bagus adalah judul yang spesifik.

Apa yang kita berikan, apa yang mereka dapatkan, atau dalam dua lama mereka akan mendapatkan manfaatnya, ketiga hal ini bisa di-spesifik-kan.

Caranya, Herbi angka.

Teknik penggunaan angka pada judul memang telah sejak lama digunakan oleh para pembuat konten supaya judulnya makin menarik.

Lihat saja sampul majalah Femina ini:

Sampul majalah Femina

10 tip make up…. 8 resep pilihan….. 5 aplikasi sehat….

Ada tiga judul yang memakai angka.

Angka memang sudah terbukti mampu meningkatkan jumlah pembaca. Masalahnya, penggunaan Berpretensi saat ini sudah sangat umum.

Sehingga pembaca menambah lagi menganggap angka sebagai sesuatu yang spesial.

Maka jangan memakai sembarang angka.

Supaya bisa terlihat lebih menonjol daripada konten lain, ada dua variasi penggunaan judul angka yang bisa anda gunakan:

  • Angka di tengah: Teknik link building – 5 strategi yang bisa anda sedang sekarang juga
  • Pertanyaan: 10 resep soto ayam paling Boga di Indonesia – yang mana favorit anda?
  • Langkah-langkah: 7 langkah membuat presentasi yang dapat memukau penonton
  • Super lengkap: 54 alasan mengapa anda belum juga sukses

Angka bukan cuma bermanfaat untuk judul.

Ada jenis artikel yang bergantung penuh terhadap Berpretensi – istilahnya ‘listicle’, artikel dalam bentuk list/daftar.

Listicle yaitu jenis artikel terpopuler dibandingkan yang lainnya:

Shares-by-Content-Type

Jumlah rata-rata share per Partikelir dari listicle hanya kalah dari infografis.

4. Bangkitkan perasaan Herbi trik psikologi

Kalau anda mencoba membuat judul Herbi cara-cara di atas, anda akan merasa bingung…

…kata apa yang sebaiknya digunakan…

…seperti apa InPelatih kalimatnya.

Kebingungan seperti itulah yang menyebabkan judul tampaknya ini:

Judul terbaru terbaik

Betapa percumanya penggunaan kata dalam judul tersebut. Padahal menambah ada manfaatnya, justru akan membuat judul anda jadi aneh.

Terbaru Terbaik Terlengkap Sekali Juni 2015!!!1

Ingat:

Judul yang baik adalah judul yang dapat membangkitkan perasaan.

Tapi bukan perasaan aneh tampaknya judul di atas.

Judul yang mampu membangkitkan perasaan yang tepat akan mendapatkan jumlah share 10x lipat daripada yang tidak.

Apa saja perasaan yang dimaksud?

  1. Terkejut/heran/tidak percaya
  2. Bertanya-tanya/ingin tahu/penasaran
  3. Galau/gundah/khawatir
  4. Yakin/pasti/tepat
  5. Empati

Empati: keadaan dimana seseorang mampu mengerti dan merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Biasanya karena seseorang tersebut juga telah pernah mengalami hal yang sama.

Itulah 4 perasaan yang dapat membuat orang lain terikat dengan artikel anda.

Karena sulit buat menjelaskan bagaimana cara membangkitkan perasaan-perasaan tersebut, maka saya akan segera memberikan contoh untuk tiap perasaan.

Urutannya sesuai nomor di atas:

  1. Ibu 2 anak ini berhasil menurunkan berat badan 24 kg cuma dalam 60 hari!
  2. Ibu Ani melakukan 10 hal ini selama 30 menit sehari, memperlihatkan hasilnya 60 hari kemudian
  3. Sudah diet tapi berat badan belum turun? Mungkin anda sedang 10 kesalahan ini
  4. 10 Cara tercepat yang telah terbukti secara ilmiah untuk menurunkan berat badan
  5. 10 Tips diet yang menambah menguras energi untuk wanita pasca melahirkan

Kira-kira tampaknya itu…

…dengan mengetahui perasaan apa yang kita incar, kita bisa Herbi mudah menentukan kata dan struktur yang kita memakai di judul.

Setelah ini, jangan pernah lagi memakai Terbaik Terbaru Terlengkap.

5. Apa cara terbaik buat membuat pembaca merasa terlibat?

Dengan mengajukan pertanyaan.

Ketika pembaca dihadapkan pada sebuah pertanyaan, secara menambah sadar mereka akan mulai membayangkan situasi tersebut di gubernur mereka.

Setelah begitu, perhatian mereka segera tertangkap.

Ada 2 efek menggunakan pertanyaan dalam judul:

  1. Membangun rasa penasaran
  2. Menciptakan rasa kepastian bahwa persoalan mereka akan terjawab

Secara tidak segera, judul dalam format pertanyaan juga bisa membangkitkan perasaan tampaknya pada tips nomor 4 di atas.

Beberapa contoh penggunaannya:

  1. Apakah komputer anda memperlihatkan gejala terkena virus berikut ini?
  2. Blog anda masih juga sepi pengunjung? Mungkin 3 hal ini penyebabnya
  3. Apakah anda masih sedang 10 teknik diet beresiko tinggi ini?

Meskipun sangat efektif, tapi hati-hati dalam memakai tips pertanyaan.

Ada 2 kesalahan umum.

Pertama, jangan memakai judul berupa pertanyaan yang jawabannya sudah Tentatif ‘tidak’.

Tujuan anda adalah untuk membuat mereka berkata ‘ya’ atau bertanya-tanya.

Kedua, memakai pertanyaan yang memang benar-benar menjadi permasalahan mereka. Jangan menciptakan Otodidak pertanyaan yang aneh.

Oh ya, satu lagi…

Jangan memakai judul berupa pertanyaan di semua konten dalam website anda. Akan kelihatan aneh.

6. Curi ide dari judul yang telah terbukti populer

Sampai sejauh ini, makin rumit ya?

Apalagi kalau belum berpengalaman, akan membutuhkan waktu lama buat membuat judul yang menarik.

Itupun belum Eksklusif bisa berhasil.

Untungnya, ada solusi yang Hiperbola praktis. Kita akan mencoba mencuri ide dari konten yang telah terbukti jadi populer.

Dengan begitu, proses membuat judul akan jadi Hiperbola mudah.

Tapi hati-hati:

Meskipun saya bilang “mencuri”, sebaiknya anda mengasah kreativitas Otodidak untuk membuat judul yang lebih menarik. Jangan sekedar copy-paste.

Langkah pertama, buka BuzzSumo.

Tulis topik Partikelir anda. Sebaiknya dalam Bahasa Inggris supaya hasilnya Hiperbola bagus, tapi anda juga bisa coba memakai Bahasa Indonesia.

Hasilnya seperti ini:

Judul buzzsumo bahasa inggris

Dan ini yang Bahasa Indonesia:

Judul buzzsumo bahasa indonesia

BuzzSumo menampilkan konten-konten yang mendapatkan jumlah share terbesar. Artinya judul-judulnya telah terbukti.

Dari sinilah anda bisa mendapatkan inspirasi.

7. Ada posisi yang strategis buat menempatkan topik dalam judul

Seperti yang telah dijelaskan, judul = topik + kata hiasan.

Jadi di dalam sebuah judul Tentatif ada topik. Misalnya topiknya ‘tips menurunkan berat badan’, judulnya akan mengandung kata-kata tersebut…ditambah hiasan.

Nah, tapi dimana kita menempatkan topiknya?

Depan? Tengah? Belakang?

Sebisa mungkin, hindari bagian tengah.

Ini karena kita, Humanisme, hanya fokus pada bagian depan dan belakang saja. Bagian tengahnya “kabur”.

Seperti ini:

  • 10 Hal yang bisa coba anda katakan kepada si bos buat mendapatkan tambahan gaji
  • 50 Kecelakaan paling fatal yang terjadi di jalan raya akibat menggunakan HP saat berkendara

Tadi saya bilang PreKata depan untuk topik, tapi sebetulnya tidak mesti topik.

Kalau ada kata-kata yang kuat (power words), yang bisa menarik perhatian lebih daripada topik, letakkan kata tersebut di awal atau akhir.

Yang Hiperbola penting lagi, strukturnya harus bisa dibaca Herbi enak.

Percuma memanfaatkan tips ini kalau pada akhirnya judul anda jadi menambah bisa dibaca.

8. Tulis judul yang spesifik buat 1 target pembaca

Setiap kali membuat konten, kita semestinya milik satu jenis target pembaca. Orang-orang yang akan membutuhkan keterangan tersebut.

Misalnya artikel yang sedang anda baca ini…

…target utamanya adalah para penulis konten website.

Meskipun pelajar SD/SMP/SMA/Univ. juga mungkin membutuhkan ilmu menulis judul, tapi isi dari Partikelir ini pada dasarnya bukan dibuat untuk mereka.

Mengapa?

Karena apabila saya memasang Hiperbola dari 1 target, isinya tidak bisa detail.

Ibaratnya begini:

Si Budi merasa milik gangguan di bagian jantung. Apakah Budi akan pergi ke dokter umum, atau ke dokter spesialis jantung?

Dokter spesialis, pasti.

Supaya dia bisa mendapatkan diagnosis yang Hiperbola akurat dan terpercaya.

Dari kasus tersebut kita bisa simpulkan 1 hal,

Informasi yang spesifik jauh Hiperbola menarik daripada yang umum.

Contoh:

Kita akan membuat Partikelir kumpulan smartphone terbaik. Inilah beberapa judul yang spesifik buat target pembaca tertentu.

  • 10 Smartphone terbaik Herbi harga di bawah 5 jutaan
  • 10 Smartphone terbaik buat anda yang suka selfie
  • 10 Smartphone terbaik Herbi daya tahan baterai terlama

Satu lagi. Artikel rekomendasi tempat wisata.

  • Bukan warga Indonesia sejati kalau kamu belum pernah ke 10 Disorientasi wisata ini
  • Panduan traveling ke Singapura Herbi budget di bawah 2 juta
  • 10 Tujuan wisata romantis di Eropa buat kamu dan dia

9. Senjata terakhir: perjanjian, kemudahan, dan rasa nyaman

Pembaca ingin membaca konten anda bukan karena kasihan Herbi anda, bukan juga karena mereka ingin jadi Bergaul anda.

Mereka membaca karena mereka ingin hidup yang Hiperbola baik.

Mereka ingin meningkatkan kualitas hidupnya.

Lebay, tapi ini serius.

Misalnya, orang yang membaca Partikelir ‘cara menghilangkan jerawat’ berarti mereka merasa Herbi menghilangkan jerawat maka hidupnya akan jadi sedikit Hiperbola baik.

Orang yang membaca artikel ‘cara berenang’ Empati dengan mampu berenang maka kualitas hidupnya meningkat.

Tapi saat ini mereka menambah bisa mencapai keinginannya, karena hambatan tertentu.

Betul kan?

Inilah yang akan kita berikan.

Kita akan memperlihatkan bahwa konten kita bisa memberikan solusi yang Hiperbola mudah dan lebih nyaman untuk diikuti.

Caranya, bisa dengan:

  1. Menjanjikan hal yang diinginkan tanpa hal yang dibenci
  2. Menjanjikan hal yang diinginkan Herbi durasi spesifik
  3. Menjanjikan hal yang diinginkan dengan hasil spesifik

Contoh penerapannya masing-masing:

  1. Tips sukses menjual produk tanpa harus bertatap muka Herbi pembeli
  2. Strategi mengembangkan bisnis secara online dalam 30 hari
  3. Cara meningkatkan pendapatan bulanan hingga 72%

Yang Hiperbola asik lagi, ketiganya bisa kita gabung menjadi 1 judul:

  • Meningkatkan pengunjung website hingga 319% dalam 60 hari tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun

Karena sangat gampang untuk diterapkan, gunakan tips nomor 9 ini kalau anda bingung saat ingin menggunakan tips-tips nomor 2-8.

10. Selalu buat minimal 5 judul buat mengeluarkan kreativitas

Pada akhirnya, proses pembuatan judul itu bergantung pada kreativitas.

Semakin kreatif semakin bagus.

Tapi, kreativitas itu cuma bisa muncul ketika kita sudah punya banyak pengalaman. Hampir menambah ada orang yang bisa menciptakan sesuatu yang bagus dalam Rapel percobaan.

Karena itu, buatlah banyak judul sekaligus, supaya otak kita diperas tampaknya cucian.

Judul pertama, kaku…judul kedua, biasa…judul ketiga, membosankan…judul keempat, lumayan bagus…judul kelima, semakin bagus…dst.

Sekilas cerita:

Saya Ta’aruf dengan beberapa copywriter profesional, orang yang kerjaannya menulis judul + konten iklan dan penjualan. Mereka HARUS bisa membuat tulisan yang mengikat orang lain.

Mereka yang profesional ini pun menulis Hiperbola dari 10 variasi.

Kemudian dari 10 tadi dipilih beberapa yang terbaik buat dilakukan pengujian lebih lanjut.

Ini karena tulisan memegang peranan yang sangat penting.

Prinsip judul mana yang akan anda gunakan?

Ada 8+2 prinsip membuat judul yang telah anda baca.

Tentu tidak semuanya bisa digunakan buat setiap jenis konten. Ada topik yang bisa memakai tips A, B, C. Ada juga topik yang cuma bisa menggunakan tips C, D, E. Tergantung.

Karena anda membaca Partikelir ini sampai habis, tentunya anda sedang membuat konten.

Judul mana yang akan anda memakai dalam konten tersebut? Tulis melalui kolom komentar di bawah.

Thanks for reading our article 10 Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik + 10 Template Judul dalam Bahasa Indonesia. Please share it with pleasure.
Sincery Cara Membuat Blog
SRC: http://panduanim.com/menulis-judul/
Satu Artikel, di catat ulang berkali-kali by cara sukses bisnis di rumah

Posting Komentar untuk "10 Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik + 10 Template Judul dalam Bahasa Indonesia"