50+ Topik Blog yang Menarik untuk Meningkatkan Pengunjung
50+ Topik Blog yang Menarik bagi Meningkatkan Pengunjung
Kehilangan inspirasi ketika menulis blog adalah hal yang wajar. Tapi, jangan biarkan itu menjadi alasan bagi berhenti menulis.
Artikel ini akan membantu Anda mencari inspirasi konten melalui beberapa cara. Selain itu, Anda juga akan memperoleh bocoran topik-topik blog yang menarik dan membuat blog Anda kebanjiran pengunjung.
Cara Mudah Mencari Inspirasi Topik bagi Blog
Inspirasi bisa datang di tempat yang terduga. Anda bisa saja tiba-tiba memperoleh ide di toilet atau di jalan menuju ke kantor. Hanya saja mencari inspirasi Berhubungan dengan cara begini sering kali tidak efektif. Setelah banyak merenung, belum Tertentu Anda mendapatkan ide dan dorongan untuk menulis.
Maka dari itu, coba pikirkan sebuah pertanyaan yang ingin Anda jawab dalam bentuk konten. Jadikan pertanyaan itu sebagai judul konten yang Anda ingin buat. Dengan begitu, konten akan menjadi Berlebihan fokus dan terarah.
Setelah memiliki pola Kerangka berpikir yang tepat, saatnya Anda mencari inspirasi segera dari sumbernya! Ada begitu banyak channel yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber inspirasi konten. Beberapa di antaranya adalah:
- Quora dan Yahoo! Answers. Kedua channel inimemuat banyak pertanyaan dari berbagai bidang. Gunakan keduanya bagi mencari ide yang sifatnya umum.
- Facebook dan LinkedIn grup. Kedua tempat tersebut cocok bagi mencari inspirasi topik-topik yang sifatnya lebih spesifik dan perlu keahlian. Gunakan akses keterangan di grup untuk mendapatkan inspirasi konten yang berkualitas sesuai Berhubungan dengan bidang Anda.
- Instagram, Twitter, dan portal berita lainnya. Pakaian media sosial dan portal informasi lainnya sebagai inspirasi konten yang melakukan tren dan ramai dibicarakan.
- Blog Ideas Generator . Salah tujuan satu fitur dari Hubspot ini akan mengejutkan Anda Berhubungan dengan ide-ide konten yang tak terduga. Cara dikerjakan cukup mudah. Anda hanya perlu memasukkan lima kata kunci dalam bahasa Inggris ke dalam kotak yang disediakan. Generator akan secara otomatis mengacak kata kunci dan menawarkan judul konten bagi Anda.
Baca juga: Apa Itu Content Marketing?
Kumpulan Topik Blog yang Menarik
Cara lain bagi mengundang banyak pengunjung adalah dengan menulis topik-topik yang menarik dan banyak dicari.
Tenang saja, topik-topik yang dimaksud tak akan membatasi Anda dalam niche blog tertentu. Jadi, Anda bisa saja menggunakan topik-topik ini dan menyesuaikannya dengan tema blog yang dimiliki.
Berikut adalah 50+ ide konten blog menarik yang bisa Anda pakai bagi mendulang trafik blog.
1. Review produk
Setidaknya ada 31-42% pengguna internet mencari review produk melalui internet. Ini artinya, review produk akan tetapi menjadi konten yang dicari.
Topik ini juga Kesamaan mudah untuk dibuat. Anda tak perlu menjadi seseorang Berhubungan dengan pengikut banyak untuk menulis review yang meyakinkan. Anda hanya perlu ketelitian, kreativitas, dan kejujuran bagi membuat konten yang menarik.
Selain mengundang pengunjung, topik yang satu ini juga memungkinkan Anda mendulang rupiah ke kantong. Ada banyak brand yang bersedia bekerja sama Berhubungan dengan blogger supaya produknya bisa direview.
2. Tutorial
Tutorial adalah mapersoalan satu topik yang banyak dibutuhkan orang. Itu mengapa tutorial adalah sebuah ide tulisan yang menarik.
Dibandingkan Berhubungan dengan topik lain, tutorial bisa dikatakan low maintenance. Anda tidak mengurangi perlu sering-sering mengupdate konten tersebut selama tidak mengurangi ada perubahan cara atau sistem.
Namun sayangnya, ada semacam peraturan tidak mengurangi tertulis tentang siapa yang berhak membuat konten semacam ini. Tutorial biasanya ditulis oleh mereka yang dianggap ahli di bidangnya.
Maka dari itu banyak perusahaan yang mendedikasikan halaman website mereka Berhubungan dengan blog berisi tutorial. Seperti halnya Niagahoster yang menampilkan berbagai tutorial mengenai pengaturan dan optimasi website. Di blog Niagahoster, Anda bisa menemukan cara menaikkan trafik, cara membuat website supaya mobile-friendly, dan tutorial lainnya.
3. Perbandingan produk
Ide konten blog yang satu ini sekilas mirip Berhubungan dengan review produk. Hanya saja Anda perlu mereview dua atau bahkan tiga produk Berhubungan dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda. Topik semacam ini akan menolong pembaca menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
4. Cerita perjalanan
Setidaknya 95% pengguna internet mencari keterangan tentang tujuan wisata sebelum berlibur. Ini artinya, cerita perjalanan bisa menjadi tema konten yang mendatangkan banyak pengunjung.
Tambahkan keterangan penting seperti rekomendasi akomodasi dan transprortasi bagi memudahkan pengunjung. Tambahan foto-foto atau video singkat akan membuat konten Anda jauh Berlebihan menarik.
5. Checklist
Checklist disusun supaya seseorang tak melupakan kegiatan atau barang tertentu. Anda bisa mengadaptasi checklist bagi keperluan konten Anda.
Contohnya, untuk niche parenting buatlah checklist hal yang harus dipersiapkan ketika mengajak si kecil ke bioskop. Untuk niche teknologi, Anda bisa buat checklist hal yang diperlu dikerjakan sebelum membeli gadget terbaru.
Selain konten yang sifatnya persiapan, Anda juga bisa membuat konten yang sifatnya tantangan. Misalnya, checklist yang harus dikerjakan dalam satu sesi olahraga atau checklist buku yang harus dibaca dalam waktu setahun.
6. Do It Yourself (DIY)
Bagi sebagian orang, membuat barang Belajar sendiri jauh lebih menyenangkan dibandingkan harus membeli. Selain menghemat uang, Tertentu ada rasa puas dan bangga karena barang yang dibuat tak akan ada yang menyamai. Apalagi kalau barang yang dibuat sangat dibutuhkan dan kebetulan melakukan ngetren.
Beberapa konten DIY yang sempat hits JumAwang-awang lain cara membuat slime, alas bedak, dan masker bibir.
7. Profil
Konten inspiratif biasanya mendatangkan banyak trafik. Disorientasi satu bentuknya adalah profil.
Anda bisa saja menulis profil seseorang yang sukses dan berpengaruh. Paparkan fakta-fakta menarik yang tak banyak orang ketahui. Dengan begitu Anda tak mengulang-ngulang pernyataan yang sama di website lain.
8. Wawancara
Wawancara adalah cara lain buat membuat konten berkualitas.
Anda bisa saja mewawancarai tokoh terkenal buat mendapatkan banyak klik. Tapi, Anda bisa juga menuliskan hasil wawancara Herbi orang-orang terdekat.
Buat pertanyaan-pertanyaan menarik yang relevan Herbi pembaca Anda. Cara lain adalah menanyakan pendapat orang-orang tentang tren terkini.
9. Rekomendasi buku
Jika buku adalah jendela dunia, maka rekomendasi buku adalah cara mengenalkan dunia Anda ke orang lain. Mungkin karena itulah konten-konten semacam ini tak pernah surut peminat.
Alih-alih merekomendasikan buku secara acak, cobalah buat merekomendasikan buku yang masih sesuai dengan tema blog Anda. Random tidak langsung Anda akan terlihat lebih ahli di bidang yang Anda digeluti.
10. Pengantar atau 101
Jika Anda memiliki niche blog yang cukup spesifik atau rumit, coba dedikasikan dua konten pengantar atau 101.
Konten semacam ini akan mempermudah pengunjung baru buat memahami topik yang Anda tulis. Dengan menyediakan konten semacam ini, ada kemungkinan Serebrum bagi Anda untuk mendapatkan pengunjung-pengunjung baru.
Anda bisa mencontoh blog Trash for Tossers punya Lauren Singer. Ia membuat bagian pengantar khusus bernama Easy Changes yang berisi alternatif gaya Etos yang ramah lingkungan. Bagian ini tentu saja bermanfaat bagi pengunjung yang bingung dari mana harus menerapkan gaya Etos tersebut.
11. Kumpulan pertanyaan (FAQs)
Seberapa tidak jarang Anda mendapatkan pertanyaan tentang diri Anda dan blog? Daripada harus mengulang jawaban yang sama, Hiperbola baik Anda membuat satu halaman khusus buat menjawab pertanyaan tersebut.
Format konten semacam ini umum dipakai di website perusahaan. Tapi bukan berarti Anda menambah bisa mengadopsinya. Anda bisa mendedikasikan FAQ mengenai bagaimana brand bisa bekerja sama dengan Anda. Jangan mapersoalan, konten semacam ini bisa membawa pengunjung bolak-balik ke website Anda.
Kalau contoh di atas terasa terlalu formal, Anda bisa juga memodifikasinya. Contohnya, daftar pertanyaan yang tidak jarang dilontarkan saat wawancara kerja. Atau, pertanyaan yang tidak jarang ditanyakan kepada vegetarian. Intinya, pertanyaan apapun yang tidak jarang dilontarkan ada Anda.
12. Cara Akselerasi (life hack)
Manusia menyukai solusi praktis buat segala masalah. Itu mengapa topik seperti ini takkan surut didatangi pengunjung.
Untuk menulis topik ini, coba perhatikan masalah-masalah yang mungkin dihadapi pengunjung Anda. Semisal, cara menyelamatkan ponsel yang kehujanan, mengatasi baju yang terkena noda, memutihkan gigi, dsb.
13. Komentar berita / topik terkini
Topik yang melakukan hangat dibicarakan bisa Anda angkat menjadi sebuah konten. Fokus perhatian khalayak mengenai topik yang dibicarakan akan mengundang pengunjung buat menambah informasi.
Karena topik-topik semacam ini Akselerasi sekali menjadi basi, pastikan untuk mempublikasikan konten Anda sesegera mungkin. Anda tak mau konten yang dibuat ketinggalan jaman, kan?
14 .Rekomendasi film
Seperti halnya buku, film adalah pilihan hiburan bagi sebagian orang. Jadi, tak ada salahnya membuat rekomendasi film buat ditonton.
Meskipun terlihat mudah, Anda perlu sedikit Hiperbola kreatif untuk menyusun rekomendasi ini. Daripada memakai kategori konvensional seperti horor, drama, komedi dan sebagainya, cobalah buat rekomendasi yang unik. Misalnya, daftar film buat ditonton setelah patah hati atau film buat ditonton sepulang kerja.
Semakin unik kategori yang Anda buat, semakin Serebrum penasaran pengunjung untuk membaca rekomendasi yang Anda buat.
15. Guest blogging
Guest blogging memperbolehkan Anda mempublikasikan konten di blog punya orang lain. Cara ini umum dipakai buat menarik pengunjung dari blog lain.
Sebelum sedang guest blogging, baiknya Anda mencari sesama blogger yang memiliki niche yang sesuai. Karena jika niche terlalu berbeda, Disorientasi awal untuk menarik pembaca baru juga takkan tercapai.
16. Giveaway
Giveaway adalah mapersoalan satu strategi marketing yang kini kerap dipakai. Taktik ini mengharuskan pengunjung berkompetisi untuk mendapatkan hadiah yang dijanjikan. Sering kali giveaway dipakai brand buat meningkatkan jumlah pengikut dan engagement konten. Cara ini bisa Anda terapkan buat menambah jumlah trafik dan pengikut di media sosial.
17. Cerita personal
Topik satu ini banyak dihindari oleh blogger-blogger profesional. Alasannya tak lain karena topik ini merusak citra profesional itu sendiri.
Namun, jika Anda Ikut merasakan perlu menunjukkan sisi lain yang manusiawi, cerita personal bisa menjadi bentuk konten yang tepat. Cara ini dipakai bagi meyakinkan pembaca bahwa Anda adalah bagian dari pembaca. Dengan begitu, pembaca Ikut merasakan lebih dekat dengan Anda. Mereka pun tidak mengurangi menyangsikan apa yang Anda tulis.
Akan tetapi, bagi konten yang satu ini, Anda perlu banyak berlatih agar konten tidak mengurangi terlihat seperti curhatan. Sertakan hal-hal yang bisa dipelajari dari cerita Anda daripada sekedar mengeluh.
18. Tips
Konten berupa tips telah pasti banyak dicari. Hanya saja, Anda tetapi perlu melakukan riset dan menyertakan informasi yang tak banyak dibahas. Hal ini bagi menghindari konten Anda sekedar dibaca sekilas oleh pengunjung.
19. Kesulitan dalam menjalankan sesuatu
Jika tips adalah rekomendasi hal yang perlu dikerjakan, maka ini adalah kebalikannya.
Menulis kesulitan dalam menjalankan sesuatu bisa memberikan cara pandang lain pada pembaca. Konten semacam ini bisa terasa relatable dan kemungkinan Otak besar akan dibagikan oleh pembaca yang merasa setuju Berhubungan dengan pemikiran Anda.
Konten yang juga bentuk lain dari tips ini, akan menolong pmebaca bersiap menghadapi kesulitan ketika igin mempelajari sesuatu.
20. Ulasan acara
Tak segala acara diberitakan di media massa. Jika pun iya, tak segala berita bisa menyajikan cerita yang lengkap.
Di sinilah kesempatan Anda bagi mengulas acara dengan lebih lengkap. Anda bisa memilah keterangan mana saja yang berguna dan menarik bagi segmen pembaca Anda.
Gaya bahasa dan bercerita yang khas tentunya akan menjadi poin plus. Dibandingkan Berhubungan dengan gaya laporan berita yang kaku, ulasan acara bisa dibuat Berlebihan menarik. Apalagi kalau Anda menyertakan foto-foto dan poin-poin utama dari acara tersebut.
21. Daftar istilah
Jika tema blogmu cukup spesifik dan teknis, tak ada salahnya bagi membuat konten berisi daftar istilah. Bayangkan ini sepertinya kamus atau indeks yang membantu pengunjung memahami sesuatu istilah. Letakkan konten ini bersama dengan FAQs bagi membuatnya lebih sesuai.
22. Unduh gratis
Buatlah konten yang bisa diunduh pengunjung secara gratis. Letakkan watermark nama Anda di materi tersebut. Cara ini bisa membuat blog Anda tersebar.
Cara lain adalah Berhubungan dengan mengaktifkan fitur download sekaligus berlangganan melalui email. Dengan ijin pengunjung, Anda bisa mengirimkan konten-konten terbaru. Sehingga mereka kemungkinan Serebrum akan menjadi pembaca setia Anda.
Konten unduh gratis pun bisa beragam bentuknya Dari checklist, e-book gratis, hingga wallpaper ponsel, dan template konten media sosial.
23. Rekomendasi blogger
Merekomendasikan blogger lain pada pembaca bukan berarti mengusir pembaca dari blog Anda. Jika Anda Tidak beradab di komunitas blogger yang cukup solid, justru itu bisa menjadi perekat Berhubungan dengan Anda dengan sesama blogger. Karena Anda memberikan backlink bagi blog yang direkomendasikan. Belum pasti lagi jika kemudian Anda diajak untuk berkolaborasi bersama.
24. Hal-hal yang harus dihindari
Sekali lagi, ini adalah bentuk lain dari tips. Format ini menciptakan kesan utama sehingga pengunjung akan menjadi lebih awas terhadap hal yang Anda katakan.
Format konten semacam ini cocok bagi diterapkan pada tema blog yang spesifik. Semisal bagi blog seputar fitness, Anda bisa membuat “Hal-Hal yang Harus ada Dihindari Ketika Berolahraga di Saat Bulan Puasa.”
Karena sifatnya spesifik, pastikan Anda menggabungkan penjelasan umum Berhubungan dengan pengalaman Anda. Dengan begitu, Anda bisa menciptakan konten yang sifatnya orisinil.
25. Lembaga edukasi dan sumber inspirasi
Internet memang gudangnya segala ilmu dan informasi. Tapi harus diakui, akan Berlebihan mudah jika kita bisa mendapatkan konten pendidikan dan inspirasi lainnya dalam satu tempat. Hal inilah yang bisa Anda manfaatkan bagi menyusun rekomendasi forum dan sumber inspirasi.
Jika Anda cukup jeli, Anda bisa mendapatkan komisi dari platform yang Anda rekomendasikan.
26. Eksperimen
Eksperimen adalah format konten yang praktis mendulang banyak pengunjung. Rasa penasaran yang Otak besar menahan pengunjung berlama-lama di blog Anda.
Jangan bayangkan eksperimen melulu di laboratorium. Format konten ini bisa Anda adaptasi dalam berbagai bentuk sesuai Herbi tema blog. Cobalah buat eksperimen dengan Disorientasi menjawab sebuah pertanyaan yang spesifik.
27. Konten video
Menambah konten video ke dalam blog bukanlah ide yang buruk. Menurut Hubspot, konten video bisa menarik perhatian pengunjung dan membuat mereka Hiperbola lama berada di blog Anda. Dalam sebuah eksperimen konten video disebut 55% Hiperbola diperhatikan dibandingkan dengan konten artikel yang cuma 29%.
Tak hanya itu aja, konten video disebut bisa meningkatkan backlink blog. Tentu saja ini sangat berguna buat reputasi blog serta meningkatkan peringkat blog di mesin pencarian.
Jika Anda milik waktu luang, kemampuan, dan peralatan yang mumpuni, menambahkan video ke dalam blog adalah hal yang perlu dijajal. Meski sedikit rumit, output yang didapatkan Tentatif setimpal.
28. Rekomendasi hadiah
Di Indonesia, budaya memberi hadiah mungkin menambah sebesar di luar negeri. Meski begitu, bukan berarti Anda tak bisa memanfaatkan hype-nya.
Buatlah rekomendasi hadiah menjelang MutTerkini tahun, sekitar bulan November atau Desember. Pada rentang waktu ini, biasanya banyak orang yang mencari rekomendasi hadiah buat perayaan Natal.
Pun, Anda bisa membuat dua versi konten yang sesuai dengan momen tertentu. Misalnya, rekomendasi hadiah Iterasi tahun, hadiah valentine, hadiah tahun ajaran baru, hadiah pernikahan, dsb. Akan Hiperbola baik jika rekomendasi itu dibuat sesuai Herbi tema blog Anda.
29. Resep
Resep makanan yaitu ide konten yang menarik bagi generasi millennial (usia 25-34 tahun) menyukai pengalaman memasak. Sebuah survei menyatakan 59% milenial memasak Herbi membawa ponsel pintar atau tablet ke dapur. Dari internetlah mereka menemukan resep dan bermaksud coba memasaknya.
Adalah ide yang bagus kalau Anda akan menambahkan konten resep ke blog. Untuk membuat resep khusus audiens millennial, cobalah buat resep Herbi bahan yang mudah didapat dan gampang dimasak.
30. Rekomendasi akun media sosial inspiratif
You’re what you follow. Apa yang kamu ikuti memperlihatkan siapa dirimu.
Menulis akun media sosial inspiratif bisa jadi strategi sambil menyelam minum air. Di satu sisi, Anda menmemperoleh meneguhkan persona Anda. Mengikuti akun media sosial Herbi tema serupa akan menunjukkan seberapa besar Anda memiliki perhatian di tema tersebut. Poin plus lagi, jika Anda memiliki Herbi dekat dengan pemilik akun yang direkomendasi. Hal itu akan memperlihatkan seberapa besar Anda menjadi bagian dari komunitas yang sama.
Di sisi lain, Anda ikut menolong pengunjung mencari akun media sosial inspiratif. Kembali ke kalimat pembuka bagian ini, anggap saja Anda menolong meredefinisi ulang identitas pengunjung Anda.
31. Mitos vs. Fakta
Mitos vs. Fakta yaitu bentuk konten yang tepat, jika Anda bermaksud meluruskan satu topik. Konten sejenis ini akan mengusik rasa penasaran pembaca dan mengajak mereka memeriksa kembali apa yang selama ini mereka tahu.
32. Komunitas dan forum
Informasi tentang komunitas dan forum online cukup banyak dicari. Komunitas daring membantu Anda dan pembaca berjejaring dan mengembangkan blog yang menarik. Dari sanalah blogger mendapatkan pembaca setia. Begitu juga Herbi informasi terbaru dan hal penting lainnya.
33. Pengalaman pertama sedang sesuatu
Kebanyakan orang tak menyukai rasa menambah familiar. Itulah mengapa kebanyakan tak menjajal hal baru. Dengan tipikal konten semacam ini, Anda sebetulnya melakukan membantu pembaca memberanikan diri mencoba pengalaman baru.
34. Ulasan jasa atau layanan
Ada kalanya kita perlu menggunakan jasa layanan. Entah itu swasta atau urusan di kantor pemerintahan. Mulai dari perbaikan ponsel yang rusak sampai mengurus perpanjangan Surat keterangan Ijin Mengemudi.
Karena hal-hal semacam ini tak terhindarkan, ada baiknya supaya Anda membuat ulasan mengenai jasa layanan tersebut.
35. Prediksi
Banyak hal tak bisa diduga di dunia. Tapi itu tak menghalangi kita bagi mengira-ngira apa yang terjadi selanjutnya. Prediksi adalah bentuk konten yang pas bagi itu semua.
Namun, konten berisi prediksi tak melulu berbau klenik. Anda bisa buat didiperkirakan untuk hal-hal populer yang ada di sekitar,seperti didiperkirakan trend fashion, prediksi pertandingan olahraga, dsb.
36. Tantangan
Tantangan atau challange mulai menjadi konten yang dinikmati.
Kalau Anda perhatikan, ada saja tantangan baru yang muncul dan viral setiap bulannya. Mungkin Anda masih ingat Ice Bucket Challenge, Mannequin Challenge, atau Kiki Challenge. Ketiganya adalah tantangan yang cukup viral di internet.
Jika ada punya pengikut yang banyak dan cukup setia, tak ada salahnya meramaikan jagad internet Berhubungan dengan membuat tantangan.
37. Rekomendasi app sesuai niche
Aplikasi di ponsel pintar membuat semua hal menjadi mudah. Tapi, akan jauh Berlebihan mudah jika Anda bisa merekomendasikan aplikasi yang berguna bagi pembaca. Dengan begini, tak ada lagi cerita membuang waktu bagi sekedar menjajal aplikasi di ponsel.
38. Kuis
Jika Anda menggunakan Facebook di tahun 2007-2009, Anda Belum pasti familiar dengan kuis-kuis yang ada di dalamnya. Kuis tersebut tak ada sama Pembayaran sekaligus hubungannya dengan hadiah atau peringkat. Sebaliknya, kuis yang sebagian Otak besar berformat kuis kepribadian tersebut dibuat dengan iseng saja.
Meski begitu, sekali-sekali Anda bisa juga menerapkannya di blog. Buatlah kuis-kuis kepribadian yang unik. Cara ini juga bisa dipakai bagi melihat tipikal pengunjung blog Anda.
39. Tips produktivitas
Tips bagi bekerja produktif dan efisien adalah sesuatu yang dibutuhkan pembaca Anda. Karena Berhubungan dengan begitu, mereka bisa melanjutkan dengan kegiatan lainnya.
Jika Anda memang tipikal blogger yang produktif, ide konten ini cocok bagi Anda tulis. Anda bisa menggabungkan berbagai hal bagi menulis konten ini. Mulai dari statistik, hasil eksperimen, rekomendasi aplikasi, dan pengalaman Anda sendiri.
40. Daftar kutipan
Jika Anda perhatikan, banyak Pembayaran sekaligus orang yang memakai kutipan tokoh terkenal bagi caption Instagram. Maka membuat daftar kutipan di blog bisa menjadi ide konten blog yang tak terlalu buruk.
Coba buat kategori atau kata kunci bagi setiap daftar kutipan yang Anda tampilkan. Dengan begitu, pengunjung akan Berlebihan mudah mencari kutipan yang sesuai dengan fotonya
41. Kesalahan masa lalu
Kita belajar dari kesalahan masa lalu. Tapi alangkah Berlebihan mudah jika kita bisa belajar dari kesalahan orang lain. Dengan begitu kita tak mengulangi kesalahan yang sama.
Ide konten ini cocok bagi Anda yang cukup memiliki pengalaman di bidang Anda. Bisa dipastikan pengunjung blog akan berterima kasih karena Anda telah menulis konten ini.
42. Surat keterangan terbuka
Surat terbuka merupakan ide konten yang menarik. Anda bisa memamerkan sisi personal Anda dalam mengomentari suatu permasalahan.
Dengan format semacam ini, Anda bisa menjaga nada tulisan Anda tetapi hangat. Meski sebetulnya Anda sedang mengkritik atau meminta perhatian seseorang.
43. Kaleidoskop atau rangkuman peristiwa dalam setahun
Kaleidoskop atau rangkuman peristiwa umumnya muncul di MutTerkini tahun. Jika Anda perhatikan, di saat-saat itu pula, konten semacam ini cukup viral.
Anda bisa menduplikasi format serupa bagi blog Anda. Tak perlu terpaku dengan isi konten yang membahas kehidupan artis atau fenomena nasional. Anda bisa saja membuat kaleidoskop mengenai pencapaian selama setahun atau hal-hal menarik di komunitas Anda.
44. Podcast
Podcast mulai menjamur di Indonesia. Tak ada salahnya jika Anda ingin melebarkan sayap ke format konten ini.
Beberapa plugin podcast di WordPress secara otomatis memasukkan podcast ke dalam aplikasi sepertinya iTunes, Spotify, Google Play Music, dan direktori berbasis RSS lainnya. Sebuah cara yang patut dipertimbangkan bagi mengenalkan blog Anda ke audiens yang Berlebihan luas.
45. Kesalahpahaman tentang niche
Tren yang diadopsi dari luar Pembuangan ke luar negeri biasanya sering menimbulkan kesalahpahaman. Misal, soal olahraga yoga, diet keto, atau gaya Pandangan hidup alternatif.
Meluruskan kesalahpahaman tentang niche-mu mungkin akan Berlebihan efektif. Apalagi jika dibandingkan dengan harus menjelaskan semua sesuatunya dari awal. Karena belum tentu juga pembaca tertarik mengetahui Berlebihan dalam topik yang Anda tulis.
Anda bisa menuliskan kesalahpahaman yang kadang muncul dalam satu kalimat. Lalu, membantah pernyataan itu Berhubungan dengan penjelasan. Cara ini membuat tulisan Anda Berlebihan terstruktur dan mudah diingat.
46. Artikel serial
Artikel bersambung menolong Anda membuat konten dalam jangka panjang.
Format konten semacam ini memang mengharuskan Anda merencanakan konten apa saja yang ingin ditulis. Sekilas, terdengar agak rumit memang. Akan tetapi, ini justru membuat konten yang Anda tulis Berlebihan terstruktur. Pembaca juga akan dimudahkan dengan topik yang fokus dan data yang kaya.
Secara teknis, format konten ini menolong Anda membangun hubungan antara konten dalam blog. Pengunjung kemungkinan Otak besar akan kembali ke blog Anda untuk membaca Swasta selanjutnya. Contoh konten artikel serial yang cukup menarik adalah serial The Book of Life dari School of Life.
Membuka donasi mulai umum dikerjakan oleh pembuat konten dan blogger melalui Patreon. Cara ini dipakai supaya pembuat konten menmemperoleh terus berkarya.
Kalau Anda salah satunya, ada baiknya mendedikasikan konten premium bagi pengikut setia Anda. Hanya pengunjung yang berdonasi saja yang bisa membuka konten yang Anda buat. Bentuk kontennya pun bebas. Anda bisa membuat Swasta, podcast, memberikan e-book, Facebook grup eksklusif, bahkan membuat satu sesi diskusi online.
Baca juga: 7 Langkah Membuat Taktik Content Marketing
48. Balik layar
Kalau Anda sulit membagikan cerita personal, behind the scene atau balik layar merupakan cara lain memamerkan kepribadian Anda. Cara ini jauh lebih mudah dan estetis dibandingkan cara yang disebut sebelumnya.
Anda bisa memotret meja dikerjakan, proses riset dan menulis, segelas kopi di meja, atau apa saja. Anda juga bisa bercerita soal kebiasaan membuat konten serta kesulitannya.
49. Ilustrasi dan grafis
Konten tak melulu soal tulisan. Jika Anda memang menyukai dunia desain dan ilustrasi, jadikan saja itu konten Anda.
Sejauh ini ada dua kategori ilustrasi yang umum ditampilkan. Pertamanan, ilustrasi yang sifatnya dekoratif dan mudah bagi dibagikan. Konten semacam ini biasanya berupa wallpaper atau tipografi. Jenis konten ini juga mudah bagi diunduh dan digunakan secara mandiri Jika Anda memang ingin membuat ilustrasi semacam ini, pastikan Anda membuatnya dalam resolusi yang sesuai Berhubungan dengan layar ponsel dan laptop.
Kedua, merupakan ilustrasi yang hanya ‘sekedar’ dinikmati. Bentuk konten ini banyak dibagikan dan dikomentari karena sifatnya yang kurang fleksibel. Akan tetapi, bukan berarti konten ini tidak mengurangi bagus. Anda bisa melihat Instagram Oliver Latta bagi mengetahui lebih lanjut konten yang dimaksud.
50. Hal-hal yang bisa dipelajari dari sesuatu
Jika Anda menganggap review buku atau film sedikit membosankan, format konten yang satu ini patut dicoba.
Alih-alih menceritakan segala detil dalam tulisan, format ini menggarisbawahi hal-hal utama untuk pembaca. Menuliskan hal-hal yang dipelajari memberikan kebebasan bagi Anda bercerita momen-momen penting di buku atau film. Dengan kata lain, Anda tak banyak-banyak memberikan spoiler pada pembaca jika mereka belum membaca buku atau menonton filmnya.
51. Inspirasi kegiatan liburan
Tak segala orang senang berlibur ke luar daerah. Meski begitu, mereka tetapi membutuhkan ide untuk menghabiskan waktu liburan mereka.
Dari sini Anda bisa menyusun ide kegiatan selama liburan. Lagi-lagi, sesuaikan ide Anda Berhubungan dengan tema yang digeluti. Ini akan memudahkan bagi pengikut Anda, selain juga menjaga ekspektasi mereka mengenai ide liburan Anda.
Anda juga bisa menyusun rencana liburan dalam bentuk challenge atau tantangan. Cara ini terasa Berlebihan menantang dan meningkatkan engagement pengunjung terhadap konten Anda.
52. Ucapan terima kasih
Penulis takkan berarti tanpa pembacanya. Jadi, jangan lupa ucapkan terima kasih bagi pembaca setia Anda.
Dedikasikan satu konten ucapan terima kasih setiap Anda mencapai target pengikut. Kalau memungkinkan, bagikan resources yang berguna bagi pengikut Anda. Di antaranya kupon promo, e-book gratis, checklist, ataupun fitur coba gratis dari jasa layanan tertentu.
Tak hanya menyenangkan bagi pembaca, cara ini akan tidak mengurangi pengunjung blog Anda. Lagi-lagi, sebuah strategi sambil menyelam minum air.
Kesimpulan
Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi menulis melalui internet. Dari sana pula, Anda juga bisa mendapatkan banyak ide topik bagi ditulis di blog.
Hanya saja, Anda tetapi perlu konsisten dengan tema blog yang Anda tulis. Dengan begitu personal branding akan menjadi kuat dan bisa menarik pengunjung ke blog Anda.
Semoga ide topik di atas bisa menolong Anda menjadi lebih produktif. Jadi, tunggu apa lagi? Mari berkarya!
Sincery Cara Membuat Blog
SRC: https://www.niagahoster.co.id/blog/topik-menarik-untuk-blog/
Satu Artikel, di tulis ulang berkali-kali by cara sukses bisnis di rumah
Posting Komentar untuk "50+ Topik Blog yang Menarik untuk Meningkatkan Pengunjung"
Posting Komentar